Monday, August 7, 2017

10 Tips Cara Mempromosikan Toko Online Anda Dengan Mudah

Sobat Mastahwan kali ini saya akan membagikan artikel tips cara mempromosikan toko online anda dengan mudah. Belanja merupakan kebutuhan bagi setiap orang, entah itu kebutuhan primer maupun keperluan sekunder. Kalau jaman dahulu orang belanjanya ke toko atau ke pasar, tapi dalam perkembangannya semua mulai berubah. Sekarang serba mudah, tak perlu lagi pergi kemana-kamana sekedar untuk memenuhi kebutuhan. Ya, sekarang orang bisa dengan mudah berbelanja dengan keberadaan toko online. Sekarang banyak tokoh-tokoh online gan seperti Lazada, Amazon, Bukalapak, Tokopedia, dan lain-lain. Terlebih dahulu saya akan menjelaskan definisi toko online.


10 Tips Cara Mempromosikan Toko Online Anda Dengan Mudah

Pengertian Toko Online adalah sarana atau toko untuk menawarkan barang dan jasa lewat internet, dimana pengunjung dapat melihat barang-barang anda di toko online anda Berupa foto-foto.

Definisi bisnis online sering kali diasumsikan oleh internet marketer bahwa semua bisnis yang dilakukan secara online dengan menggunakan media internet sebagai media pemasaran produk dan jasa adalah mencakup bagian-bagian dari bisnis online

Keuntungan toko online dibanding offline.

Pertama keuntunganya tentu sangat banyak, disamping pengunjung yang datang adalah yang betul-betul berminat dengan product anda. Anda tidak perlu dibuat repot membuat famflet ataupun membuat iklan-iklan di media offline.

Kedua, Toko online tidak harus ditungguin, bahkan anda tinggal menerima order jika ada pelanggan yang berminat dengan product anda. Dan ketiga sarana paling efektif untuk promosi di jaman kemajuan tekhnologi. Karena saat ini internet dapat diakses dimanapun. Bahkan lewat HP.

Kelebihan bisnis online :

1. Tidak terikat waktu dan tempat
2. Pangsa pasar yang luas
3. Media promosi yang efektif
4. Modal dan biaya operasional yang relatif

Langsung saja kita ke 10 tips cara mempromosikan tokoh online anda dengan mudah :

1. Berikan Penawaran Awal Yang Reguler


Pada umumnya pasar online akan memberikan pilihan, mempertahankan penjualan atau melakukan promo untuk menarik perhatian pembeli. Lakukanlah hal ini secara teratur untuk mendapatkan keuntungan dari belanja di masa liburan (diskon 15% saat Hari Ayah, diskon 31% saat Halloween, diskon 50% pada beberapa item saat Black Friday, dll). Hal ini dapat membantu Anda dalam mendapatkan lalu lintas web secara reguler.

2. Gunakan Email Pemasaran untuk Mengingatkan Pelanggan Berbelanja


Pada saat pertama kali membuka toko, Anda akan mengirimkan email berupa pengumuman ke database. Pastikan ini terhubung secara langsung dari email ke toko Anda. Jika memungkinkan kirimkan newsletter secara mingguan dengan gambar yang besar dan persuasif namun ringkas untuk mempromosikan produk. Selain itu, pastikan juga kontennya terhubung langsung ke masing-masing produk untuk mempermudah pembelian. Apabila ada diskon, umumkan dan promosikan melalui email agar pelanggan dapat segera mengambil keuntungan dari harga eksklusif yang diberikan.

3. Mulailah dengan Sebuah Blog


Blog merupakan salah satu cara untuk mempromosikan toko online secara tidak langsung. Sertakan satu link yang relevan ke toko Anda di setiap postingan blog (baik yang menghubungkan ke home atau ke produk) dan pastikan setiap blog informatif dan bermanfaat. Blog yang berkualitas dengan konten yang kuat akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis online dan bisa menjadi proyek besar untuk berinvestasi.

4. Hubungi Blogger Tentang Produk Anda


Lakukan pencarian di Google yang berhubungan dengan produk Anda. Lihat komentar yang mereka terima dan seberapa besar popularitasnya di akun media sosial. Pada saat Anda menghubungi mereka, beritahukan alasan Anda menyukai blog tersebut secara spesifik. Lalu jelaskan secara singkat alasan mengapa Anda merasa produk Anda akan cocok untuk di review di blog mereka. Berikan contoh produk secara gratis dan tawarkan sampel lain sebagai hadiah. Anda akan mendapatkan ulasan bahwa pembaca akan mendapatkan produk gratis, sehingga barang Anda bisa dipromosikan langsung pada pembaca yang menjadi target Anda.

5. Hidupkan Penulis Tamu


Penulis tamu dapat menjadi cara yang bagus untuk menjangkau pembaca yang lebih besar. Postingan mereka akan membuat Anda tahu topik apa yang biasanya mereka tulis dan hubungi mereka terkait kesempatan menjadi penulis tamu. Kebanyakan blogger akan membiarkan Anda memiliki link ke toko Anda di Bio, tapi mungkin Anda juga bisa dapatkan satu konten.

6. Tawarkan Video Tutorial 


Video yang bagus akan disukai banyak orang sehingga mereka akan membagikannya pada orang lain serta menjelaskan mengenai produk Anda. Jika Anda membuat ikat kepala untuk bayi, tunjukkan pada orangtua pemakaiannya dengan berbagai cara. Jika hanya ada satu cara, maka tunjukkan bayi menggemaskan saat mengenakan ikat kepala tersebut dalam video. Lalu bagilah video tersebut di Youtube (buat account sendiri untuk bisnis Anda) dan bagi ke semua situs media sosial lainnya.

7. Kembangkan di Berbagai Media Sosial 


Media sosial penting untuk mempromosikan toko online secara efektif. Namun dibutuhkan upaya dan waktu untuk mengumpulkan pengikut. Berikut beberapa situs yang dapat membantu pemasaran toko Anda, antara lain Facebook, Twitter, Intagram, Pinterest, Youtube, Google+, LinkedIn, Tumblr, Sumble Upon, We Heart it, Flickr, Foursquare, Quora, Polyvore.

8. Soroti Produk di Media Sosial


Pemasaran melalui media sosial akan efektif jika Anda posting secara teratur. Kebanyakan pelaku bisnis melakukannya sekali sehari atau 2-3 kali, tergantung seberapa banyak pengikut. Postinglah gambar yang menarik dari produk yang disertai penawaran menarik. Selalu sertakan link yang dapat terhubung langsung ke produk tertentu untuk mempercepat pembelian di online shop. Selain itu, minta pengikut untuk mengirimkan gambar diri mereka yang memakai produk Anda atau gambar produk untuk meningkatkan interaksi dan memperluas jangkauan online. Gunakan alat perencanaan, seperti Hootsuite yang dapat mempermudah Anda mengelola media sosial.

9. Adakan Perlombaan di Media Sosial 


Perlombaan adalah cara yang bagus untuk mempromosikan penawaran, mengarahkan lalu lintas ke toko Anda, dan meningkatkan pengikut di media sosial. Beberapa situs memiliki aturan khusus seperti Facebook, jadi pastikan Anda mengetahui hal tersebut sebelum memulai perlombaan. Anda bisa tawarkan salah satu produk sebagai hadiah atau beberapa paket hadiah lalu umumkan di semua situs sosial. Posting sesering mungkin untuk mendorong orang mendaftar (gunakan alamat email Anda untuk membangun basis data emai). Lalu minta pemenang untuk mengirimkan foto mereka beserta hadiah yang telah dikirimkan ke halaman Anda. Katakan sesuatu, seperti “Ada banyak produk besar seperti ini yang dapat ditemukan di (masukkan URL)” untuk menarik orang-orang yang melihat postingan ini mengecek apalagi yang Anda tawarkan.

10. Terakhir ! Cobalah Bayar Iklan di Media Sosial


Situs seperti Facebook dan Twitter menawarkan penggunaan iklan yang berbayar untuk menargetkan konsumen yang tepat. Jika Anda ingin mencoba Facebook, sebaiknya pilih metrik seperti “klik situs” atau “konversi situs” karena Anda ingin orang mengklik ke URL toko online bukan fan page. Pada Twitter gunakan “Promoted Tweets” untuk mempromosikan toko Anda. Sertakan konten yang singkat, menarik dan URL untuk membantu mengarahkan lalu lintas. Misalnya, jika Anda membuat pakaian, tweet Anda akan dipromosikan seperti ini, “Apa tren #pakaian terpanas untuk musim panas ? Cari tahu disini: (masukkan URL singkat)”

Nah demikian tips cara mempromosikan toko online anda dengan mudah, sebenarnya masih banyak sobat caranya cuma saya rangkum itu. Kalau ada saranya lagi gan silakan berkomentar di bawah artikel ini. Semoga bermanfaat untuk sobat Mastawan. Terimakasih. 😁

5 comments

makasih gan tips nya, harus modal banyak ini kayaknya

wah kalau bisnis seperti ini kayak nya modal harus gede mas

@MC - MITH CORP

Sama-sama makasih sudah berkunjung

@Juara HP

hehhe iya gan, utung juga gedeh gan hihi

> Silahkan komentar dengan sesuai dengan artikel
> Menggunakan kata yang sopan dan santun
> Tidak mengundang sara' ataupun merugikan orang lain
> dilarang share link aktif di komentar karna itu spam
EmoticonEmoticon